By Socrates- Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS) Vitka Central, membuka kantor cabang di Botania 2 Blok B5 Nomor 12 Belian, Batam Centre, Jumat 21 Februari 2025. Lokasi kantor cabang baru ini, sangat strategis. Apalagi, penduduk Kecamatan Batam Kota, saat ini nomor dua terpadat di Batam.

Kantor pusat BPRS Vitka Central di Jalan Imam Bonjol, Windsor Central, Lubuk Baja. BPRS Vitka Central yang mengusung tagline ’’Menepis Riba, Merajut Laba. Yuk, Move On ke Syariah’’ ini, beberapa tahun belakangan mencatat prestasi mengesankan.
BPR Syariah Vitka Central Batam, berhasil meraih penghargaan bergengsi Info Bank Award 2024 Predikat Exellence Financial Performance 2023 untuk kategori aset Rp100 miliar hingga di bawah Rp250 miliar. Penghargaan ini diterima oleh Direktur Utama BPR Syariah Vitka Central, Azrul Syafri. ‘’Alhamdulillah, pertumbuhan laba BPR Syariah Vitka Central mencapai 200 persen,’’ kata Azrul Syafri.

‘’Saya selalu mendorong dan memotivasi tim BPRS Vitka Central untuk membuka cabang. Cukup lama waktunya sehingga akhirnya BPRS Vitka Central membuka cabang yang pertama,’’ kata pemegang saham pengendali BPRS Vitka Central, Dr Asman Abnur SE, Msi yang juga doktor bidang ekonomi syariah ini.
Menurut Asman Abnur, para pemilik dan pengelola BPR di Batam perlu bersatu dan membentuk sindikasi. Dengan demikian, menjadi kuat dan bisa bersaing dengan bank lain. ‘’Filosofinya, seperti tanaman yang merambat di Marina Bay Sand Singapura. Kalau dibikinkan kerangkanya, BPR di Batam akan menjadi sangat kuat,’’ kata Asman Abnur.
Asman Abnur mengaku, tidak ikut campur dalam manajemen bank syariah ini. Ia hanya ikut membantu mencarikan lokasi untuk cabang yang baru. ‘’Nah, kalau yang begini memang harus pakai insting. Saya bisa mencium ada lokasi yang bau duit,’’ ujar Asman, disambut tawa hadirin.
BPRS Vitka Central yang berdiri sejak 2008 ini, telah melayani lebih dari 10 ribu nasabah dan menjadi salah satu dari dua bank syariah yang beroperasi di Batam. Kunci utamanya adalah, menjaga kepercayaan nasabah sehingga BPRS Vitka Central, tetap eksis dan mendapat tempat di hati warga Batam.
Dengan produk tabungan yang sama seperti bank lainnya, BPR Syariah Vitka Central menawarkan layanan jemput bola bagi nasabah yang kesulitan melakukan setoran langsung ke bank. Pola ini semakin memperkuat kepercayaan nasabah dan memudahkan mereka dalam bertransaksi.
Info Bank memberikan penghargaan kepada BPRS Vitka Central berturut-turut tahun 2021, 2022 dan 2023 dan termasuk dalam kategori bank dengan kinerja yang sangat baik (excellent performance) untuk laporan keuangan. BPR Syariah Vitka Central kini hanya membutuhkan dua penghargaan lagi untuk meraih Golden Trophy, penghargaan tertinggi dalam Info Bank Award.
Sejak lima tahun lalu, grafik kinerja keuangan terus meningkat. Hal ini merupakan menjadi salah satu indikator penting dalam penilaian oleh Info Bank. Info Bank Award merupakan ajang prestisius dalam dunia perbankan yang memberikan apresiasi terhadap kinerja bank umum maupun BPR di seluruh Indonesia.

Hingga Juni 2024, jumlah Bank Perkreditan Rakyat (BPR) dan Bank Perkreditan Rakyat Syariah (BPRS) di Kepulauan Riau adalah sebanyak 46 lembaga. Rinciannya, 44 BPR konven-sional dan 2 BPRS. Secara nasional, mencapai 1.557 bank, yang terdiri dari 1.384 BPR konvensional atau 89% dan 173 BPR syariah atau 11% dari total BPR.
Bintang Lima Google Review
Komentar netizen di google review terhadap BPR Syariah Vitka Central, semuanya positif. Antara lain, Rowen Rachman menulis, BPRS Vitka Central sebagai solusi keuangan syariah di Batam. ‘’Banknya bersih. Petugas security ramah dan melayani sepenuh hati. Kini BPRS Vitka Central jadi pilihan utama masyarakat Batam,’’ tulis Puja Syahputra.
‘’Kantornya bagus, cantik dan tertata rapi,’’ komentar Rafika Indri Pradina. ‘’Ramah, mudah, cepat,’’ tulis Renardi. ‘’Jasa keuangan berbasis syariah, terpercaya,’’ tulis Bambang. Di era digital saat ini, orang mencari informasi melalui internet. Dengan cepat dan mudah, siapa saja dan kapan saja bisa mencari referensi produk barang, jasa, rumah sakit, restoran dan bank. Pengaruh rating Google Review sangat penting untuk bisnis Anda.
Google, raksasa digital dunia memiliki 4,3 miliar pengguna dari 4,72 miliar pengguna internet. Pangsa pasarnya sebesar 92,24%. Di Indonesia, sebanyak 97,33 persen pengguna internet menggunakan Google.
Mengutip Adhesion, Google Review adalah sebuah fitur yang sudah terintegrasi dalam Google My Business (GMB) dan Google Maps. Pelanggan atau pasien, bisa memposting ulasan, pengalaman baik atau buruk terkait layanan dan produk bisnis.
Fungsi Google Review yang sangat penting yaitu untuk meningkatkan kepercayaan pelanggan atau calon konsumen. Google Review fitur untuk menyaring umpan balik dari pelanggan dan meningkatkan brand trust produk bisnis, termasuk bank. Sebanyak 88% konsumen selalu membaca ulasan terlebih dahulu sebelum menetapkan persepsi mereka. Dan ulasan yang mereka baca mayoritas dicari melalui Google.
‘’Semua orang bisa mengirim ulasan, membuat testimoni di google review. Bisa dalam bentuk pujian, kritikan dan makian. Jangan anggap enteng pengaruh google review, harus ditongkrongi dengan serius. Kalau ada kritikan yang tidak benar, harus dijawab dan diklarifikasi. Termasuk dari pesaing yang bisa dianggap spam,’’ kata Budi Putra, jurnalis teknologi mantan wartawan Tempo dan pernah bekerja di Yahoo! Indonesia, Viki Rakuten, The Jakarta Post Digital dan Bukalapak.

Suka atau tidak, persaingan antar bank semakin ketat. Baik bank pemerintah maupun bank swasta. Google Review salah satu solusi customer feedback yang paling tepat. Google Review yang baik, akan memperluas masyarakat untuk lebih mengetahui (awareness) dan ketertarikan (interest) pelayanan ungulan yang Anda miliki.
Apa dampak ulasan Google terhadap bisnis? Sebanyak 87% pelanggan terlibat dengan bisnis yang memiliki peringkat bintang 3-4 di Google. Sebanyak 73% konsumen hanya memercayai ulasan yang ditulis pada bulan lalu. Sebanyak 58% pelanggan mengatakan memiliki profil bisnis Google meningkatkan kunjungan fisik.Ulasan positif tidak hanya membangun kepercayaan tetapi juga berfungsi sebagai rekomendasi yang menarik lebih banyak nasabah. ***