By Socrates – Perusahaan energi kelas dunia ini, didirikan tahun 1923 dan sudah berusia 100 tahun. McDermott atau J Ray McDermott didirikan di Eastland, Texas oleh Ralph Thomas McDermott, yang dikenal sebagai Mr. Mac. Dia menamai perusahaan itu dengan nama ayahnya, John Raymond McDermott.
Pada awal berdirinya tahun 1923 McDermott memperkenalkan tangki atap terapung pertama di dunia untuk industri minyak. Tangki ini dirancang untuk menyimpan minyak bumi yang aman dari kebocoran dan kebakaran.
Perusahaan ini membangun menara fraksionasi pertamanya tahun 1930 untuk industri perminyakan untuk Standard Oil of Louisiana di Baton Rouge, Amerika Serikat. Saat ini, McDermott menawarkan teknologi dan layanan EPC yang komprehensif untuk penyulingan di seluruh dunia. McDermott juga menggunakan peralatan pengeboran terapung pertama di dunia tahun 1938 di Texas dan Louisiana.
Pada tahun 1947 McDermott merancang dan memasang platform tetap pertama yang terbuat dari baja di kedalaman 20 kaki di perairan Teluk Meksiko dan mendirikan divisi kontraktor. Perusahaan ini membangun kapal pertama yang dirancang khusus untuk pekerjaan lepas pantai yang dinamakan Derrick Barge tahun 1949.
Pada tahun 1951 sampai 1952 McDermott memasang pipa berlapis beton berdiameter besar pertama di lepas pantai Teluk Meksiko serta mendirikan kapal Hortonsphere terbesar di dunia diameter 225 kaki di West Milton, N.Y., AS, untuk Komisi Energi Atom. Ini merupakan kontrak pertama dari banyak kontrak kapal penahanan nuklir bagi perusahaan tersebut.
Tahun 1971 McDermott merancang dan membangun terminal penyimpanan dan distribusi LNG laut AS yang pertama di Mystic River di Everett, Mass., untuk Distrigas Corporation. Tahun 1972 McDermott memasang tiga tangki penyimpanan minyak di dasar Teluk Arab. Menyelesaikan pemasangan tiga tangki penyimpanan minyak Khazzan untuk Dubai Petroleum Company di Teluk Arab. Khazzan Dubai No. 1, tangki penyimpanan minyak bawah air berkapasitas 500.000 barel yang tenggelam di Teluk Arab 60 mil dari Dubai, U.A.E. pada tahun 1969, dinobatkan sebagai salah satu pencapaian teknik luar biasa tahun ini oleh Perkumpulan Insinyur Profesional Nasional.
Tahun 1973 McDermott memasang terminal ekspor minyak lepas pantai terbesar di dunia. Setahun kemudian, McDermott membuat kapal terowongan terbesar di dunia. Keempat lapisan terowongan tersebut berdiameter hingga 43,5 kaki dan membutuhkan 47.000 ton baja.
Tahun 1979 Mc Dermott mendapatkan kontrak dari Phillips Petroleum untuk struktur pendukung platform baja lepas pantai terbesar yang pernah ada untuk Laut Utara, yang dibangun di Hunterston, Skotlandia. Ini adalah platform baja pertama di dunia yang menggabungkan flotasi, pemberat, dan penyimpanan minyak, dengan kapasitas penyimpanan 600.000 barel. Ini beroperasi di ladang Maureen di Laut Utara.
Beroperasi di Batam
Sejak pulau Batam dijadikan kawasan daerah industri, banyak perusahaan asing yang masuk ke pulau Batam untuk menanamkan modalnya. Perusahaan asing yang pertama kali yaitu PT Inggram, berlokasi di sebelah barat pulau Batam dengan luas 75 Ha.
PT Inggram Construction adalah cikal bakal McDermott Indonesia yang beroperasi di Batam. PT McDermott Indonesia (PTMI) di Batam sendiri, secara resmi mulai beroperasi pada tahun 1972 setelah mengambil alih operasi PT Inggram Construction secara bisnis. Lapangan fabrikasi mereka berlokasi di Batu Ampar, Batam dengan luas saat ini 120 hektar.
Adapun produksi yang dihasilkan perusahaan McDermott antara lain, pembuatan kapal tongkang, pembuatan jacket, kerangka kapal, pembuatan deck serta pemasangan Instalasi saluran minyak di darat dan di laut.
Bidang usaha PT. McDermott Indonesia di jasa konstruksi lepas pantai ada lima bagian yaitu, manajemen proyek, engineering, fabrikasi, penanganan material dan instalasi lepas pantai. Sampai 25 Juni 2011, PT. McDermott Indonesia memiliki kurang lebih 4.600 pekerja dengan perkiraan 3.500 karyawan fabrikasi, 900 karyawan perkantoran dan 180 tenaga kerja asing.
Beberapa fasilitas yang mendukung dalam proses fabrikasi di PT McDermott Indonesia antara lain, warehouse dan bulk storage area, process pipe fabrication facility, instrument facility, prefabrication facility, brace Preparation facility, environmental control, automatic grid facility, pipe rolling mill, pressure vessel facility, pile fabrication facility, erection area, deck assembly facility, equipment dan mechanical maintenance serta welding shops. PT McDermott Indonesia adalah fabrikasi konstruksi lepas pantai terbesar di Indonesia dan salah satu terbesar di dunia.
Tahun 1995 McDermott membangun modul untuk pabrik aromatik pertama di Asia. Pabrik fabrikasi di Pulau Batam, Indonesia, membangun pabrik aromatik Singapore Aromatics/Foster Wheeler berkapasitas 99 modul dan berbobot 19.290 ton, yang merupakan fasilitas pertama di wilayah tersebut.
Mc Dermott membangun kapal produksi, penyimpanan dan pembongkaran LPG terapung (FPSO) pertama di dunia. Perusahaan ini membangun dan mengintegrasikan 27.600 ton bagian atas untuk kapal penyimpanan dan pembongkaran produksi terapung LPG pertama di dunia yang terdiri dari 13 modul proses, 3 rak pipa pusat, gedung gudang dan ruang kendali, serta tempat tinggal untuk 120 orang, untuk lapangan Belanak di lepas pantai Indonesia.
Tahun 2012 Mc Dermott dianugerahi proyek umbilical, riser, dan flowline bawah laut untuk proyek Ichthys Offshore AustraliaIni adalah kontrak bawah laut terbesar yang diberikan kepada McDermott hingga saat ini.
Rekrut 12.000 Pekerja
Tahun 2022 total tenaga kerja McDermott Indonesia di Batam sebanyak 7.000 orang. Perusahaan ini menargetkan merekrut 12.000 pekerja hingga tahun 2024 ini. Hal ino disampaikan Presiden dan Chief Executive Officer (CEO) PT. McDermott Internasional, Michael Mc. Kelvy.
Michael mengatakan, aktivitas jasa perkapalan McDermott di Kota Batam memiliki pengaruh besar terhadap produksi global perusahaannya. “Kami mengakui, setiap tahun produktivitas McDermott di Batam meningkat pesat. Ini berkat sinergi positif antara perusahaan dan pemerintah setempat, dalam hal ini BP Batam,” ujarnya.
PT McDermott Indonesia, mengapresiasi langkah BP Batam dalam pengembangan fasilitas pendukung investasi di Kota Batam. Seperti yang kini terus digesa yakni peningkatan infrastruktur jalan, pengembangan Bandara Hang Nadim, revitalisasi pelabuhan, RSBP Batam, hingga penerapan aplikasi pada sistem perizinan yaitu Online Single Submission (OSS).
Michael menyebutkan, tenaga kerja yang direkrut di Batam memiliki keistimewaan tersendiri. Pegawai yang direkrut memiliki keinginan belajar dan bekerja serta dedikasi yang tinggi. Jadi, McDermott tidak perlu repot-repot merekrut pegawai di luar Batam, cukup maksimalkan pegawai di Batam. Untuk mendorong proyek hingga tahun 2024 PT McDermott Indonesia saat ini fokus pada training center bagi pegawai. (*)